-->

Rabu, 09 November 2011

Empat Katagori Laporan Audit Wajar Tanpa Syarat

Empat Kategori Laporan Audit


a) Wajar tanpa Syarat

Kelima kondisinya adalah Independensi Sikap Mental,Kehati-hatian professional dengan cermat dan seksama,Persamaan dan supermisi audit,Pemahaman yang memadai atas struktur pengendalian intern klien,Bukti audit yang cukup kompeten.

b)Wajar tanpa Syarat dengan paragraf penjelasan atau dengan modifikasi kalimat

Suatu proses audit telah dilaksanakan dengan hasil yang memuaskan serta laporan keuangan telah disajikan dengan wajar,teteapi auditor merasa perlu memberikan informasi tambahan.

c)Wajar dengan pengecualian

Auditor menyimpulkan bahwa keseluruhan laporan keuangan memang telah disajikan dengan wajar,tetapi lingkup audit telah dibatasi secara material atau terjadi penyimpangan dari prinsip akuntansi yang berlaku umum pada saat penyiapan laporan keuangan.

d)Tidak Wajar(Adverse)atau menolak memberikan pendapat(Disclaimer)

Auditor menyimpulkan bahwa laporan keuangan tidak disajikan secara wajar (adverse),auditor tidak dapat memberikan opininya mengenai apakah laporan keuangan telah disajikan secara wajar(disclaimer),atau auditor berada dalam posisi yang tidak independen (disclaimer).

Sumber : Bagian 1.Profesi Audit hal 7 (Auditing dan pelayanan Verfikasi edisi kesembilan jilid 1 Alvin A, Arens Randal J.Elder Mark S.Beasley.


Komentar : Empat kategori laporan audit wajar tanpa syarat adalah suatu opini yang bersih(clean opinion) karena tidak terdapat suatu situasi pun yang memerlukan suatu kualifikasi atau modifikasi dalam pendapat auditor.laporan audit bentuk baku merupakan opini audit yang paling umum.kadangkala terdapat situasi yang berada diluar kendali klien atau auditor yang mencegah diterbitkannya suatu opini yang bersih.bagaimanapun banyak kasus perusahaan akan melakukan beberapa perbaikan pada catatan akuntansinya dalam rangka menghindari penerbitan suatu klasifikasi aau modifikasi oleh auditor.

0 komentar:

Posting Komentar

Pink Bow Tie