-->

Jumat, 28 Oktober 2011

Petunjuk Pembuat Kertas Kerja Pemeriksaan

PETUNJUK PEMBUATAN KERTAS KERJA PEMERIKSAAN

A.PROSES PEMERIKSAAN
Proses audit merupakan urutan-urutan dari pekerjaan awal penerimaan penugasan sampai dengan penyerahan laporan audit kepada klien,yang terdiri :

1. Merancang dan Merencanakan pendekatan audit(plan and desaign an audit approach)meliputi :

a) Mengidentifikasi alas an klien untuk di periksa,dengan mengetahui maksud penggunaan laporan audit dan siapa pemakai laporan keuangan.

b) Survey ke klien untuk mengetahui :
* Latar Belakang bidang usaha klien
* Memahami pengendalian intern klien
* Memahami system administrasi pembukuan
* Mengukur volume bukti transaksi/dokumen untuk menuntukan biaya,waktu dan luas pemeriksaan.

c) Mengajukan audit proposal ke klien.
Untuk klien lama,dilakukan penelaahan kembali apakah ada perubahan-perubahan yang signifikan.sedangkan untuk klien baru,jika tahun sebelumnya diaudit oleh akuntan lain maka perlu dikirimkan surat kepada auditor sebelumnyaapakah ada keberatan professional dari akuntan terdahulu.

d) Dapatkan informasi tentang kewajiban hukum klien.

e) Tentukan materialistis dan risiko audit yang dapat diterima dan risiko bawaan.

F) Kembangkan rencana dan program audit menyeluruh yang mencakup.
* Siapakan staf yang masuk dalam staf audit
* Buat program audit termasuk tujuan audit ( Audit objective) dan prosedur audit (audit Procedure)
* Tentukan Rencana dan jadwal kerja

2. Pengujian atas pengendalian dan pengujian transaksi (test of controls and transaction)

a)Pengujian Substansif atas transaksi adalah prosedur yang dirancang untuk menguji kekeliruan atau ketidakberesan dalam bentuk uang/Rupiah yang mempengaruhi kewajaran penyajian saldo-saldo laporan keuangan.

b)Pengujian pengendaliana adalah prosedur yang dirancang untuk memverivikasi apakah pengendalian intern diterapkan sebagaimana yang telah ditetapkan.

3. Pelaksanaan prosedur analitis dan pengujian saldo(perform analitycal procedures and test of details of balance.
Prosedur analitis mencakup perhitungan ratio oleh auditor untuk dibandingkan dengan ratio peride sebelumnya dan data lain yang berhubungan.

4. Penyelesain audit(complete audit)

a) Review kewajiban bersyarat
b) Review oeristiwa kemudian
c) Dapatkan bahan bukti akhir,misalnya client representation letter
d)Menyiapkan audit check list
e) Menyiapkan management letter
f) Menerbitkan laporan audit
g) Komunikasi dengan komite audit dan manajemen

Sumber : Modul 1 auditing
Komentar : apabila anda ingin membuat kertas kerja perusahaan,pernyataan diatas adalah petunjuk untuk membuatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Pink Bow Tie