-->

Kamis, 27 Oktober 2011

Pemanfaatan Bahasa Indonesia pada Tataran Non ILmiah

c) Wacana Non ilmiah adalah Karangan yang tidak terikat pada aturan yang baku. Beberapa contoh yang dapat disebut untuk memenuhi kriteria karangan nonilmiah adalah anekdot, dongeng, hikayat, cerita pendek, cerita bersambung, novel, roman, puisi, dan naskah drama.


Contoh Wacana Non ILmiah


SOMAY EDAN


Mery dan sahabatnya,vera asyik makan”somay medan”buatan bu mildan saat istirahat di kantin sekolah.
“mer,gue mau tanya.lu inget nggak…,”
Kalimat vera tiba-tiba disela mery.
“artinya’somay edan”?lah… lu udah k 18 kali nanya itu ke gue.lu gak hafal-hafal juga ye.
Okeh deh w kasih tau lagi,arti’somay edan’tuh…”
“stop!stop!stop!siapa yang nanya arti’somay edan’neng?”
Tanya vera sedikit kesal.
“loh,emang bukannya itu yang mau lu tanya ke gue?abisnya,
Setiap kita makan somay di sini lu selalu nanya kenapa sih somay dikasih nama’somay edan’.
Ya kan?” jawab mery.
“ya,ya,ya,gue tahu..tapi kali ini bukan’somay edan’tapi yang gue mau tanya ma lu,”lanjut vera
“mmmh… baguslah.ternyata lu punya bahan pembicaraan yang baru.very good!
Ada kemajuan.mau nanya apa mbak?”tanya mery.
“lu inget nggak sama cowok yang kita omelin di pasar loak gara-gra nabrak ibu-ibu hamil
Yang lagi bawa 3 ekor ayam hidup dan 2 kantong abu gosok?”tanya vera.
“mmm…ibu-ibu hamil?yang mana ya?mmm…oh yang kemarin sendal jepitnya warna merah
Terus putus gara-gara keinjek kakinya sendiri ya?”lanjut mery.
“yuppzzz…bener banget?tapi yang mau gue bahas bukan ibu hamil itu tapi cowok cute
Yang kita omelin.ternyata cowok itu anak sekolah itu loh.tapi pagi waktu gue kekantor guru,
Gue liat dia sama temennya lagi liat-liat mading.gue juga kaget.gue pikir Cuma mirip,
Tapi setelah gue liat-liat lagi,kayaknya bener dia,”jelas vera.
“oh ya?lu mah nggak bisa liat cowok cakepan dikit.padahal kemaren kan tuh cowok langsung lari
Begitu dia nabrak ibu-ibu.gue aja nggak merhatiin bener-bener wajahnya,”tukas mery.
“yah jelas lah,wong lu langsung bantuin ibu-ibu itu.kalu gue kan sempet narik baju
Ibunya,”lanjut vera.
Treeeet…..ppreeettt…treeeett…bel tanda istirahat ke dua pun berbunyi dan mengakhiri
Pembicaraan mery dan vera di kantin.
“ya ela udah bel masuk aja.sampai kapan sih bel sekolah kitsa bunyinya kayak terompet tahun baru?”gerutu vera.
“hahahaha…sampai lu berhenti menggerutu dan terus mengomentari bel sekolah kita.
Ayo kita masuk,”ajak mery.
Sepulang sekolah mery pergi ke tokoh buku terdekat untuk mencari bahan presentasi biologi.
Ketika sedang asyik mencari,tiba-tiba mery di tabrak seseorang.
Brakkkkk…
“Aduh!kalu jalan matanya di buka lebar-lebar dunk!omel mery.
“sorry,sorry gue nggak sengaja.maafin gue ya?lu nggak pa-pa kan?tanya orng itu.
“ya nggak pa-pa sih,tapi lu…lu bukannya cowok yang nabrak ibu-ibu di pasar ya?”tanya mery.
“mmm…ya itu gue.lu ngenalin gue ya?tanya cowok itu.
“ya iyalah.ternyata itu emang hobi lu ya nabrak orng.hari ini lu nabrak gue hobi yang aneh!”ledek mery.
“itu bukan hobi gue tapi emang gue nggak sengaja mungkin gue mang kurang hati-hati aja di tempat umum.tapi lain kali gue akan berhati-hati lagi deh.maafin gue y.by the way,gue candra nama lu siapa?.”ucap cowok itu seraya mengajak bersalaman.
“gue mery,jawab mery singkat.
“lu kayaknya lagi nyari buku biologi ya?kalau boleh tahu lu sekolah di mana?tanya candra.
“gue sekolah d SMA SANTO PIUS CAMPIDELLIK.iya gue lagi nyari buku biologi buat bahan presentasi next week,”jawab mery.
“Samto pius campidellik?berarti kita satu sekolah dung!tapi gue pernah liat lu sebelimnya di sekolah lu kelas berapa?kalu gue kelas XII IA 4,ucap candra.
“masa sih?gue juga belum pernah liat lu di sekolah.gue kelas XII IA 2.gua anak baru dari pindahan dari Surabaya mungkin karena gue baru jadi belum tahu betul anak-anak IA kelas lain.
Lu juga ada tugas biologi”tanya mery.
“iya nih.kebetulan tugas gue sama kayak lu.guru kita kan sama di mana kalu kita cri bareng-bareng?tenang aja gue nggak bakal nyontek ko,”ajak candra.
“boleh ,!jawab mey singkat.
Dari perkenalan itu mery dan candra semakin dekat.di sekolah pun mereka sering terlihat berdiskusi bersama mengenai pelajaran.teman-teman mereka menyangka kalu mereka sudah jadian.
“oh ya?di balik kebiasannya nabrak orang ternyata dia punya kpribadian yang baik juga.tapi,apa benar Cuma alesan itu yang bikin lu dekat?kalu gue liat nggak Cuma itu deh alesan lu dekat sama dia.candra anak yang pintar makanya gue sering belajar bareng sama dia.tapi kalu boleh jujur gue memang suka sama dia.nggak tahu kenapa..kalu dekat dia gue nyaman dan pengen terus denger suaranya,jawab mery tersipu malu.
“tuh kan!akhirnya lu ngaku juga.mata orang yang sedang jatuh cinta itu tidak bisa di bohongi mer..jawab mery tersipu malu..
“esoknya mery dan candra belajar bersama di kantin sambil makan,!”SOMAY EDAN”.mereka terlihat asyik mengerjakan soal-soal kimia dan fisika..
“mer,bisa kita berhenti sebentar belajarnya?ada hal serius yang mau gue omongin sama lu.bisa?tanya candra denga mimic serius dan itu membuat jantung mery berdegup kencang.
“ ya bisa mau ngomong apa ya?
“gue memang bukan Einstein atau Newton yang bisa menciptakan rumus yang kemudian di kenal orang di seluruh dunia dan aka nada selamanya.tapi gue hanya orang biasa yang menggunakan rumus-rumus dari Einstein atau Newton itu nggak bisa gue pake untuk mewakili perasaan gue ke elo.gue suka sama lu dan gue berharap lu juga punya perasaan yang sama kayak gue.lu mau jadi cewek w?”tanya candra sambil memegang jari-jari mery.
“Hah?lu suka sama gue?”mery terdiam sejenak.”gue…gue…juga suka sama lu.Gue…mmm…gue mau jadi cewek lu,”jawab mery dengan senyum termanisnya.
“thanks ya,mer.gue senang punya cewek pintar dan baik kayak lu gue bangga,”puji candra.
“WOOII…PERHATIAN!GUE BARUSAN DENGER KALU MERY MENERIMA CANDRA SEBAGAI COWOKNYA!!!”tiba-tiba david berteriak di kantin dan itu membuat semua pengunjung kantin menyoraki mereka.
“waladala…kalian pasangan ke 98 yang jadian sambil makan”SOMAY EDAN”buatan ibu mildan!mungkin ini berkat nama”SOMAY EDAN”kali ya?hehehehe….ibu doakan semoga kalian langgeng ya.banyak kabar yang ibu denger kalu pasangan muda mudi sekolah sini yang jadian di”SOMAY EDAN”ibu,banyak yang sampai menikah dan punya anak.ibu berharap kalian juga begitu.pesan ibu,pacaran yang sehat ya,nak,”ibu mildan menasehati mery dan candra.mereka pun hanya tersenyum bahagia.
“emang ya,somay ibu milda benar-benar EDAN!”ucap david yang membuat semua pengunjyng kantin tertawa.hahahahahahaha…….

0 komentar:

Posting Komentar

Pink Bow Tie