-->

Jumat, 28 Oktober 2011

Contoh Engangement Letter

Engangement Letter

No :001/I/KA/03
Hal :Audit Proposal

Kepada Yth.
Direksi
PT.CAHAYA
Cempaka Putih Permai Lantai 3
Jl.Angsana Raya
Jakarta

Sehubungan dengan rencana petunjukan akuntan publik untuk memeriksa laporan keuangan dari PT.CAHAYA untuk tahun buku 2010.Bersama ini kami sampaikan Audit Proposal untuk mendapatkan persetujuan dan konfirmasi dari Bapak:

1. Kami akan memeriksa laporan keuangan PT CAHAYA untuk tahun buku 2010.Pemeriksaan tersebut akan kami lakukan sesuai dengan Standar Profesional Akuntan Publik dan mencakup evaluasi terhadap pengendalian intern,test terhadap catatan pembukuan besrta bukti Pendukungnya dan prosedur audit lainnya yang kami pandang perlu,seperti observasi atas stock opname,konfirmasi,utang,piutang,pemeriksaan notulen rapat,kontrak-kontrak dan lain-lain.

Tujuan Pemeriksaan tersebut adalh untuk dapat memberikan pendapat mengenai kewaajaran dari laporan keuangan yang telah disusun oleh Manajemen.

Pemeriksaan kami bukan ditunjukan untuk mencari adanya fraud atau kecurang-curangan,tetapi seandainya kami menemukan hal-hal tersebut atau hal-hal yang perlu mendapat perhatian Management,kami akan memberitahukannya kepada Manajemen.

2. Agar pemeriksaan kami dapat berjalan lancar,kami akan mengharapkan kerja sama yang baik dari seluruh Manajemen dan staff perusahaan dan kami mengharapkan agar perusahaan menyiapkan trial balance serta perincian-perincian yang diperlukan.

Selain itu,sebelum Audit Report diserahkan,kami meminta supaya Direksi bersedia menandatangani "Surat Pernyataan Langganan"(client Representation Letter) seperti yang dinyatakan dalam Standar Profesional akuntan Publik.

3. Audit fee untuk tugas tugas tersebut diatas,kami ajukan sebesar RP.10.000.000,-(sepuluh juta rupiah) ditambah PPn 10% yang akan kami tagih sebagai berikut:
40% Pada saat proposal disetujui
30% Pada saat penyerahan konsep laporan audit
30% Pada saat penyerahan final audit report
PPh 23 sebesar 7.5% bisa dipotong dari jumlah fee tersebut.

Seandainya usulan kami bisa disetujui,mohon agar copy surat ini ditanda tangani dan dikembalikan kepada kami.
Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kantor kami dan semoga kita dapat membina kerjasama yang baik.

Disetujui oleh Kantor AKuntan Publik
PT CAHAYA SUSANTI & REKAN



(Rinal aryanto) (Agustin Cahyani)
Akuntan,Reg.Neg.D-241188

Sumber : modul 1 auditing
Komentar : Engangement Letter adalah surat rencana  petunjukan(pemeriksaan) akuntan publik untuk memeriksa laporan keuangan dari sebuah perusahaan.Tujuan Pemeriksaan tersebut adalah untuk dapat memberikan pendapat mengenai kewajaran dari laporan keuangan yang telah disusun oleh Manajemen.diatas adalah contoh engangement letter,semoga bisa bermanfaat untuk anda.

1 komentar:

BELAJAR BAHASA mengatakan...

Engagement diperlukan sebagai ikatan hukum

Posting Komentar

Pink Bow Tie