-->

Jumat, 28 Oktober 2011

Petunjuk Pembuat Kertas Kerja Pemeriksaan

PETUNJUK PEMBUATAN KERTAS KERJA PEMERIKSAAN

A.PROSES PEMERIKSAAN
Proses audit merupakan urutan-urutan dari pekerjaan awal penerimaan penugasan sampai dengan penyerahan laporan audit kepada klien,yang terdiri :

1. Merancang dan Merencanakan pendekatan audit(plan and desaign an audit approach)meliputi :

a) Mengidentifikasi alas an klien untuk di periksa,dengan mengetahui maksud penggunaan laporan audit dan siapa pemakai laporan keuangan.

b) Survey ke klien untuk mengetahui :
* Latar Belakang bidang usaha klien
* Memahami pengendalian intern klien
* Memahami system administrasi pembukuan
* Mengukur volume bukti transaksi/dokumen untuk menuntukan biaya,waktu dan luas pemeriksaan.

c) Mengajukan audit proposal ke klien.
Untuk klien lama,dilakukan penelaahan kembali apakah ada perubahan-perubahan yang signifikan.sedangkan untuk klien baru,jika tahun sebelumnya diaudit oleh akuntan lain maka perlu dikirimkan surat kepada auditor sebelumnyaapakah ada keberatan professional dari akuntan terdahulu.

d) Dapatkan informasi tentang kewajiban hukum klien.

e) Tentukan materialistis dan risiko audit yang dapat diterima dan risiko bawaan.

F) Kembangkan rencana dan program audit menyeluruh yang mencakup.
* Siapakan staf yang masuk dalam staf audit
* Buat program audit termasuk tujuan audit ( Audit objective) dan prosedur audit (audit Procedure)
* Tentukan Rencana dan jadwal kerja

2. Pengujian atas pengendalian dan pengujian transaksi (test of controls and transaction)

a)Pengujian Substansif atas transaksi adalah prosedur yang dirancang untuk menguji kekeliruan atau ketidakberesan dalam bentuk uang/Rupiah yang mempengaruhi kewajaran penyajian saldo-saldo laporan keuangan.

b)Pengujian pengendaliana adalah prosedur yang dirancang untuk memverivikasi apakah pengendalian intern diterapkan sebagaimana yang telah ditetapkan.

3. Pelaksanaan prosedur analitis dan pengujian saldo(perform analitycal procedures and test of details of balance.
Prosedur analitis mencakup perhitungan ratio oleh auditor untuk dibandingkan dengan ratio peride sebelumnya dan data lain yang berhubungan.

4. Penyelesain audit(complete audit)

a) Review kewajiban bersyarat
b) Review oeristiwa kemudian
c) Dapatkan bahan bukti akhir,misalnya client representation letter
d)Menyiapkan audit check list
e) Menyiapkan management letter
f) Menerbitkan laporan audit
g) Komunikasi dengan komite audit dan manajemen

Sumber : Modul 1 auditing
Komentar : apabila anda ingin membuat kertas kerja perusahaan,pernyataan diatas adalah petunjuk untuk membuatnya.

Kertas Kerja Pemeriksaan

B.KERTAS KERJA PEMERIKSAAN

Kertas kerja pemeriksaan meliputi:
a) Dokumentasi prosedur audit yang relevan untuk periode berjalan dan beberapa periode.
b) Catatan yang dibuat auditor dan dokumen yang disiapkan oleh klien.
c) Pelaksanaan prosedur yang tertera pada program audit.
d) Informasi yang relevan untuk menarik kesimpulan yang tepat.

Dokumentasi yang disiapkan oleh klien(baik manual atau computer);
a) Harus diuji akurasi dan kelengkapannya
b) Harus diberi tanda “Prepared By Client”(PBC) atau “disiapkan Oleh Klien”(DOK)
c) Diparaf dan dituliskan tanggal terima dokumen

Tujuan/fungsi kertas kerja pemeriksaan yaitu:
a) Sebagai dasar untuk perencanaan audit
b) Sebagai catatan atas bukti yang dikumpulkan dan hasil pengujian
c) Mencatat pemeriksaan/pekerjaanyang telah dillakukan sesuai dengan program pemeriksaan
d) Menjelaskan masalah /situasi yang dihadapi ats pelaksanaan kebijakan-kebijakan,prosedur-prosedur,ketepatan,efisiensi dan bahgaimana evaluasinya.
e) Data pendukung untuk menentukan jenis opini dari laporan audit
f) Dasar untuk review oleh supervisior dan partner

KERTAS KERJA PEMERIKSAAN YANG BAIK
a) Tiap kertas kerja pemeriksaan harus diisi lengkap
b) Terorganisasi dengan baik
c) Rapih dan bersih
d) Jelas dan dapat dimengerti tanpa penjelasan lebih lanjut
e) Lengkap dan dapt mendukung kesimpulan dan rekomendasi atas temuan temuan audit

Isi dan pengoprasian kertas kerja pemeriksaan
a) Permanent file merupakan bukti-bukti atau dokumen-dokemen yang dikumpulkan pada saat pertama kali penugasan audit dimulai dan akan ditelaah serta disimpan untuk dipakai tahun tahun berikutnya.
b) Current file yaitu berkas/kertas kerja yang berisi data yang diperoleh auditor dan mempunnyai kegunaan untuk tahun berjalan.
c) Correspondence file yaitu berkas kertas kerja yang berisi data surat menyurat dengan pihak ketiga selama pelaksanaan audit

Kepemilikan Kertas Kerja Pemeriksaan
Kertas kerja pemeriksaan merupakan milik auditor,tidak sembarang orang termasuk klien mempunyai hak untuk memeriksa kertas kerja pemeriksaan,kecuali digunakan oleh pengadilan sebagai bahan bukti yuridis formal.


Sumber : modul 1 auditing

Komentar : Kertas kerja pemeriksaan adalah catatan yang dibuat auditor dalam sebuah perusahaan dan dokumennya biasanya telah disiapkan oleh klien.agar laporan atau kertas kerja itu bisa disusun dengan baik maka saya sedikit memberi tata cara untuk menyiapkan itu semua.

Contoh Engangement Letter

Engangement Letter

No :001/I/KA/03
Hal :Audit Proposal

Kepada Yth.
Direksi
PT.CAHAYA
Cempaka Putih Permai Lantai 3
Jl.Angsana Raya
Jakarta

Sehubungan dengan rencana petunjukan akuntan publik untuk memeriksa laporan keuangan dari PT.CAHAYA untuk tahun buku 2010.Bersama ini kami sampaikan Audit Proposal untuk mendapatkan persetujuan dan konfirmasi dari Bapak:

1. Kami akan memeriksa laporan keuangan PT CAHAYA untuk tahun buku 2010.Pemeriksaan tersebut akan kami lakukan sesuai dengan Standar Profesional Akuntan Publik dan mencakup evaluasi terhadap pengendalian intern,test terhadap catatan pembukuan besrta bukti Pendukungnya dan prosedur audit lainnya yang kami pandang perlu,seperti observasi atas stock opname,konfirmasi,utang,piutang,pemeriksaan notulen rapat,kontrak-kontrak dan lain-lain.

Tujuan Pemeriksaan tersebut adalh untuk dapat memberikan pendapat mengenai kewaajaran dari laporan keuangan yang telah disusun oleh Manajemen.

Pemeriksaan kami bukan ditunjukan untuk mencari adanya fraud atau kecurang-curangan,tetapi seandainya kami menemukan hal-hal tersebut atau hal-hal yang perlu mendapat perhatian Management,kami akan memberitahukannya kepada Manajemen.

2. Agar pemeriksaan kami dapat berjalan lancar,kami akan mengharapkan kerja sama yang baik dari seluruh Manajemen dan staff perusahaan dan kami mengharapkan agar perusahaan menyiapkan trial balance serta perincian-perincian yang diperlukan.

Selain itu,sebelum Audit Report diserahkan,kami meminta supaya Direksi bersedia menandatangani "Surat Pernyataan Langganan"(client Representation Letter) seperti yang dinyatakan dalam Standar Profesional akuntan Publik.

3. Audit fee untuk tugas tugas tersebut diatas,kami ajukan sebesar RP.10.000.000,-(sepuluh juta rupiah) ditambah PPn 10% yang akan kami tagih sebagai berikut:
40% Pada saat proposal disetujui
30% Pada saat penyerahan konsep laporan audit
30% Pada saat penyerahan final audit report
PPh 23 sebesar 7.5% bisa dipotong dari jumlah fee tersebut.

Seandainya usulan kami bisa disetujui,mohon agar copy surat ini ditanda tangani dan dikembalikan kepada kami.
Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kantor kami dan semoga kita dapat membina kerjasama yang baik.

Disetujui oleh Kantor AKuntan Publik
PT CAHAYA SUSANTI & REKAN



(Rinal aryanto) (Agustin Cahyani)
Akuntan,Reg.Neg.D-241188

Sumber : modul 1 auditing
Komentar : Engangement Letter adalah surat rencana  petunjukan(pemeriksaan) akuntan publik untuk memeriksa laporan keuangan dari sebuah perusahaan.Tujuan Pemeriksaan tersebut adalah untuk dapat memberikan pendapat mengenai kewajaran dari laporan keuangan yang telah disusun oleh Manajemen.diatas adalah contoh engangement letter,semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Definisi akuntansi Menurut Beberapa Ahli

Sebelum kita mengetahui lebih dalam dan lebih lanjut lagi tentang akuntansi sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa sih sebenarnya pengertian akuntansi itu dari beberapa ahli.Di bawah ini ada beberapa pengertian akuntansi dari sudut pandang mereka :

Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli

Warren dkk (2005:10) menjelaskan bahwa: “secara umum, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan”.

Littleton (Muhammad, 2002:10) mendefinisikan: “tujuan utama dari akuntansi adalah untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Konsep ini merupakan inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.”

Accounting Principle Board Statement No. 4 (Muhammad, 2002:10)mendefinisikan akuntansi sebagai suatu kegiatan jasa yang berfungsi untuk memberikan informasi kuantitatif, umumnya dalam ukuran uang, mengenai suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi, yang digunakan dalam memilih di antara beberapa alternatif.

Menurut American Accounting Association ( AAA ) Akuntansi itu merupakan :
Proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut ".
the proceed of identifying, measuring and communicating economic information to permit informed judgment and decisions by user of the information.

Sumber     :  http://magfirahathar.blogspot.com/2009/11/pengertian-akuntansi-menurut-ahli-ahli.html
Komentar : walaupun para ahli mengemukakan pendapatnya tentang akuntansi berbeda beda tetapi setiap pengertian tersebut memiliki arti,maksud dan inti yang sama .

Acrual dan Basic Cash

Acrual & Basic Cash Mana Yang Terbaik Menurut Anda

Pada topik ini saya membahas tentang metode pencatatan akuntansi dan sekaligus mereview kembali topik kemarin serta lebih memperjelas mana pencatatan yang terbaik diantara 2 metode itu hak anda untuk memilih, tapi di topik ini saya akan memberikan jawaban metode mana yang saya anggap lebih baik untuk digunakan beserta alasannya

Metode Pencatatan Akuntansi
Secara umum terdapat dua jenis metode pencatatan akuntansi
• Cash Basis; dan
• Accrual Basis

Metode mana yang dipilih akan menentukan suatu perusahaan dalam melakukan pencatatan transaksi dalam menjalankan bisnisnya. Perbedaan dari metode tersebut diatas adalah terletak pada saat pencatatan kas masuk dan kas keluar.
Dalam metode cash basis, pendapatan diakui ketika cash diterima sedangkan beban diakui pada saat cash dibayarkan, artinya perusahaan mencatat beban didalam transaksi jurnal entry ketika kas dikeluarkan atau dibayarkan dan pendapatan dicatat ketika kas masuk atau diterima.
Berikut ini adalah ilustrasi sederhana:
PT. A menyelesaikan suatu proyek pada tanggal 31 desember 2006, tetapi PT. A menerima pembayaran pada tanggal 7 Januari 2007 atas jasa yang telah dilakukan. Akuntan lalu mencatat pendapatan kas tersebut dibulan januari tahun 2007(pada saat kas diterima) bukan pada tanggal 31 desember 2006 saat proyek selesai dikerjakan.
Sedangkan dalam metode accrual basis pendapatan diakui pada saat:
• Produk terkirim atau jasa telah dilakukan
• Cash diterima
• Cash akan diterima pada masa yang akan datang
Beban dalam metode accrual basis diakui pada saat pendapatan diakui. berdasarkan ilustrasi diatas bila metode pencatatan yang digunakan adalah metode accrual basis pencatatan pendapatan dilakukan pada bulan desember 2006, pada saat pada saat proyek selesai dikerjakan bukan pada saat kas diterima begitu pula dengan pencatatan beban perusahan. Mengacu pada PSAK yang berlaku umum di Indonesia, perusahaan harus melakukan pencatatan menggunakan metode accrual basis. Secara umum laporan keuangan yang ada di Indonesia di catat berdasarkan metode accrual basis.

Sumber : Bagian 1.Profesi Audit  (Auditing dan pelayanan Verfikasi edisi kesembilan jilid 1 Alvin A, Arens Randal J.Elder Mark S.Beasley.

Komentar :
Metode akuntansi yang digunakan suatu perusahaan dapat mempengaruhi pendapatan total suatu perusahaan pada laporan keuangannya, begitu pula dengan beban perusahaan. Didalam metode cash basis beban tidak diakui sampai uang dibayarkan walaupun beban terjadi terjadi pada bulan itu. Demikian juga dengan pendapatan, tidak diakui sampai dengan uang diterima. Sehingga metode cash basis tidak mencerminkan besarnya uang yang ada sebenarnya. Pada metode accrual basis beban dan pendapatan diakui pada saat terjadinya transaksi. Sehingga informasi yang disediakan lebih handal dan terpercaya tentang seberapa besar suatu perusahaan mengeluarkan uang atau menerima uang dalam setiap bulannya. Pencatatan menggunakan metode ini mengakui beban pada saat transaksi terjadi walaupun kas belum dibayarkan. Begitu pula dengan pendapatan, dicatat pada saat transaksi terjadi walaupun kas atas transaksi pendapatan tersebut baru diterima bulan depan.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pencatatan menggunakan metode accrual basis lebih mencerminkan keadaan keuangan perusahaan sebenarnya. Tetapi metode pencatatan accrual basis lebih sulit untuk diterapkan karena akuntan harus melakukan pencatatan lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan metode cash basis. Tapi dengan menggunakan software akuntansi, informasi yang handaldan efisiensi pekerjaan dapat tercapai dengan baik.

Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi

• Definisi Sistem informasi akuntansi
Sistem informasi akuntansi adalah susunan berbagai dokumen,alat komunikasi, tenaga, pelaksana, dan berbagai laporan yang di desain untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi
Berikut pengertian-pengertian mengenai sistem informasi akuntansi(SIA) :

1.Wilkinson (1991)
Sistem informasi akuntansi(SIA) merupakan suatu kerangka pengkordinasian sumber daya (data, meterials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

2.Gelinas, Orams, dan Wiggins (1997)
Mendefinisikan sistem informasi akuntansi(SIA) sebagai subsistem khusus dari sistem informasi manajemen yang tujuannya adalah menghimpun, memproses dan melaporkan informsi yang berkaitan dengan transaksi keuangan.
Sistem informasi akuntansi berperan sebagai pengaman harta kekayaan perusahaan, sebab denganadanya unsur-unsur pengendalian dalam sistem akuntansi, berbagai kecurangan, penyimpangan dan kesalahan dapat dilacak sehingga dapat diperbaiki.
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah Sistem Informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah Sistem Informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain:
Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.SIA terdiri dari 3 subsistem:
Sistem pemrosesan transaksi: mendukung proses operasi bisnis harian.
Sistem buku besar/ pelaporan keuangan: menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.
Sistem pelaporan manajemen
yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.

Komentar :

# Manfaat SIA
Sebuah menambah nilai dengan cara:

• Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
• Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
• Meningkatkan efisiensi
• Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
• Meningkatkan sharing knowledge
menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan Perbedaan SIA dan SIM :
• SIA mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan sedang
• SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi

Sumber : Bagian 1.Profesi Audit  (Auditing dan pelayanan Verfikasi edisi kesembilan jilid 1 Alvin A, Arens Randal J.Elder Mark S.Beasley.

Peluang Kerja Akuntansi dan Tips Belajar Mudah Akuntansi

Peluang Kerja Akuntansi dan Sedikit Tips Belajar Mudah Akuntansi

Akuntansi merupakan jurusan yang memiliki potensi peluang kerja yang sangat luas, mengapa demikian? karena kita tahu bahwa setiap perusahaan atau kantor mau yang kecil maupun besar membutuhkan akuntan untuk menangani masalah keuangannya. Saya pribadi  memilih jurusan ini karena peluang kerja nya begitu besar, gw bisa ngelamar di mana ja yang gw mau. Kita bisa kerja di Bank, di Rumah sakit, di Kantor Perpajakan, di Perusahaan2 tertentu, and others. Memang jurusan ini sangat susah (Pribadi saya), mengapa? karena untuk memahaminya membutuhkan logika, konsentrasi yang kuat dan akurat. Kalau logika dan konsentrasi kita kuat, sudah pasti kita memahaminya.

Kalian yang mengambil jurusan accounting, mau mengambil konsentrasi apa? kalau saya seh mau ngambil perpajakan, karena duitnya kenceng tuh...hehehe, tapi saya mampu nggak yah? semua orang pasti bisa asalkan kita mau niat untuk menjalankannya dan berusaha dan terus berusaha belajar dan belajar samapai titik maksimal. Saya mengharap doa pembaca blog saya ini agar saya bisa menjadi accounting yang profesional dan dinamis. Begitu pun dengan saya, saya juga akan mendoakan kalian supaya bisa menjadi akuntan yang profesional.

Sedikit tips belajar mudah memahami akuntansi dari saya, sebagai berikut:
1. Kalau sedang belajar/kuliah anda jangan melamun, apalagi ngelamunin yang ngeres2. Bisa2 konsentrasi Anda bisa buyar, dan materi yang diberikan guru/dosen tidak akan masuk sama sekali. Percaya deh! (kunci utamanya pada saat belajar/kuliah full konsentrasi).

2. Pada saat belajar/kuliah usahakan sebelumnya Anda tidak makan yang terlalu banyak, karena Anda akan mengantuk, akhirnya Anda tidur deh.......

3. Pada saat guru/dosen menerangkan usahakan memperhatikan dahulu sebelum menulis/mencatat, karena dengan Anda memperhatikan dan mendengarnya materi akan jauh lebih masuk.

4. Setelah tahap keempat Anda coba evalusi materi yang telah disampaikan oleh guru/dosen Anda, terus intensif yah....

5. Karena Akuntansi itu sulit dan membutuhkan konsentrasi dan logika yang tinggi, Anda harus sering latihan soal dirumah, diskusi antar teman, (coba anda kerjakan soal akuntansi pada buku Anda). Setiap hari rutin minimal 2 jam/hari.okey!

6. Sebaiknya dalam menyelesaikan tugas akuntansi alangkah baiknya jika anda mengaplikasikan soal akuntansi dengan pikiran penuh berandai-berandai contohnya begini misalkan soalnya coba anda jurnal transaksi di setor uang kas ke bank sebesar 1.500.000 jadi jika anda berpikir dengan beranda- andai uang yang kas di kas ada 1.500.000 tapi uang itu akan di setor ke bank berarti jumlah rekening di bank bertambah di donk sedangkan uang kas saya akan berkurang 1.500.000 jadi jurnalnya. debet= bank 1.500.000 dan kredit= kas 1.500.000

Sumber : Bagian 1.Profesi Audit (Auditing dan pelayanan Verfikasi edisi kesembilan jilid 1 Alvin A, Arens Randal J.Elder Mark S.Beasley.


Komentar : Hal yang terpenting dalam belajar dan memahami akuntansi adalah KOSENTRASI,jika kita tidak kosentrasi maka akan sulit sekali untuk memahaminya.

Kamis, 27 Oktober 2011

Pemanfaatan Bahasa Indonesia pada Tataran ILmiah

a) Wacana Ilmiah adalah tulisan yang berisi argumentasi penalaran keilmuan, yang dikomunikasikan lewat bahasa tulis yang formal dengan sistematis-metodis dan sintesis-analitis.


Contoh Wacana ILmiah


PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DALAM MEMPERSIAPKAN ANAK KE JENJANG SEKOLAH FORMAL

Pendidikan merupakan suatu kegiatan universal dalam kehidupan manusia. Karena pada hakikatnya, pendidikan merupakan usaha manusia untuk memanusiakan manusia itu sendiri, yaitu untuk membudayakan manusia.
Meskipun pendidikan merupakan suatu gejala yang umum dalam setiap kehidupan masyarakat, namun perbedaan filsafat dan pandangan hidup yang dianut oleh masing-masing bangsa atau masyarakat dan bahkan individu menyebabkan perbedaan penyelenggaraan kegiatan pendidikan tersebut. Dengan demikian selain bersifat universal pendidikan juga bersifat nasional. Sifat nasionalnya akan mewarnai penyelenggaraan pendidikan itu.
Life long education, kalimat yang sering kita kenal sejak dulu sampai sekarang, yang artinya "Pendidikan sepanjang hayat", dalam ajaran agamapun juga disebutkan “Tuntutlah ilmu mulai dari ayunan sampai ke liang lahat". Semua itu menjelaskan bahwa pendidikan telah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia.
Pentingnya pendidikan tidak hanya untuk disuarakan dan disiarkan melalui kalimat dan jargon, namun perlu langkah nyata dalam kehidupan. Kita realisasi keberadaan anasir-anasir pendukung terhadap tercapainya suatu tuntutan terhadap pentingnya pendidikan. Kebijakan-kebijakan dalam sistem pendidikan harus memenuhi unsur aktualisasi dan berdaya guna. Konsep pendidikan sepanjang hayat menjadi panduan dalam meninggikan harkat dan martabat manusia. Anak-anak bangsa ini tidak boleh tertinggal dengan bangsa lainnya di dunia. Oleh karena itu, pendidikan sejak dini harus ditanamkan kepada mereka.
Salah satu kebijakan pemerintah di sektor pendidikan yang mendukung pendidikan sepanjang hayat adalah diakuinya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD adalah pendidikan yang cukup penting dan bahkan menjadi landasan kuat untuk mewujudkan generasi yang cerdas dan kuat. PAUD merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Karena pada waktu manusia lahir, kelengkapan organisasi otak yang memuat 100-200 milyar sel otak siap dikembangkan serta diaktualisasikan untuk mencapai tingkat perkembangan potensi tertinggi. Periode sensitif perkembangan otak manusia terjadi pada interval umur 3-10 bulan. Para ahli menemukan bahwa perkembangan otak manusia mencapai kapasitas 50% pada masa anak usia dini. Para ahli menyebut usia dini sebagai usia emas atau golden age. Anak-anak Indonesia tidak hanya mengenal pendidikan saat masuk Sekolah Dasar, tetapi telah lebih dulu dibina di PAUD. Sebagaimana tertulis pada UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 28 yang menjelaskan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diselenggarakan melalui 3 jalur yaitu: Pertama, jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA) atau bentuk lain yang sederajat; Kedua, jalur pendidikan non formal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA) atau bentuk lain yang sederajat dan ketiga, jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan
PAUD berfungsi membina, menumbuhkan dan mengembangkan seluruh potensi anak usia dini secara optimal sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya. Agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan selanjutnya dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan Nasional yang berbunyi:
"Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab ".
Salah satu jalur terselenggaranya PAUD adalah jalur pendidikan non formal. PAUD jalur non formal adalah pendidikan yang melaksanakan program pembelajaran secara fleksibel sebagai upaya pembinaan dan pengembangan anak sejak lahir sampai berusia 6 tahun yang dilaksanakan melalui Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain dan bentuk lain yang sederajat.
Penyelenggaraan PAUD non formal memiliki manfaat yang tidak sedikit, salah satunya adalah memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani serta mengembangkan bakat-bakatnya secara optimal. Selain itu juga memberikan bimbingan yang seksama agar anak-anak memiliki sifat-sifat, nilai-nilai dan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. oleh karena itu usaha untuk mendorong bentuk PAUD non formal terus menerus jadi perhatian kita semua khususnya pemerintah.
Karena sampai sekarang ini, rancangan peraturan pemerintah tentang PAUD yang mengatur pendidikan usia dini, ternyata belum terlaksana dengan baik. Salah satu indikator yang menentukan tinggi rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia, adalah Human Development Index (HDI). Berdasarkan HDI kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia masih tergolong rendah, di mana pada tahun 2005 Indonesia berada pada urutan ke-109 dari 174 negara sebagai responden. Sedangkan negara ASEAN lainnya seperti Singapura berada pada peringkat 22, Brunei Darussalam peringkat 25, Malaysia peringkat 56, Thailand peringkat 67 dan Filipina peringkat 77.
Berdasarkan kenyataan tersebut perlu adanya upaya-upaya cerdas dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, yang dapat dimulai sejak usia dini, karena usia dini merupakan periode awal dari perkembangan setiap individu, dengan demikian pendidikan yang diterimanya merupakan pendidikan awal yang akan mendasari pendidikan selanjutnya.
Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM bagi anak usia dini adalah dengan menawarkan program-program di luar program yang umumnya dijalankan, khususnya pada Kelompok Bermain (KB), dengan cara yang tepat dan sesuai dengan perkembangan anak. Paling utama dengan cara bermain baik melalui nyanyian, drama maupun rekreasi. Tidak ada paksaan untuk mengikuti salah satu kegiatan.
Namun, faktor ekonomi adalah salah satu yang menjadi penyebab terhambatnya pendidikan. Pendidikan yang murah merupakan salah satu cara agar pendidikan usia dini dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
Berdasarkan pemikiran dan pernyataan tersebut di atas, penulis memandang bahwa program PAUD merupakan hal penting dalam mempersiapkan anak ke jenjang Sekolah formal. Berangkat dari pemikiran inilah penulis ingin mengetahui lebih jauh tentang "Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Mempersiapkan Anak ke Jenjang Sekolah Formal (Di Play Group X)". Karena Play Group tersebut adalah salah satu Play Group Islam yang unggul di antara Play Group lain yang ada di kota X.

Pemanfaatan Bahasa Indonesia pada Tataran Semi ILmiah

b) Wacana Semi Ilmiah adalah tulisan yang berisi informasi faktual, yang diungkapkan dengan bahasa semiformal, tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering “dibumbui” dengan opini pengarang yang kadang-kadang subjektif.


Contoh Wacana Semi ILmiah


Menyantap Seafood Itu Menyehatkan Lho...!

Anda penggemar seafood? Tidak salah kalau Anda menyakai menu hidangan laut ini, karena sebuah penelitian dari University McGill menyimpulkan dalam jurnalnya bahwa kanker prostat dapat dikurangi dengan mengkonsumsi beberap jenis hidangan laut. Juga mengkonsumsi hidangan laut secara rutin minimal sekali seminggu sangat baik bagi stamina dan kesehatan tubuh Anda. Anda tidak perlu takut dengan naiknya kolesterol karena dari penelitian tersebut tidak membuktikan peningkatan kadar kolesterol.

Nah, Anda ingin tahu hidangan menu laut apa saja yang termasuk menyehatkan itu? Berikut keterangannya:

1. Ikan Mackerel atau Ikan Kembung.
Bila dibandingkan dengan ikan salmon, Ikan kembung ternyata mengandung lebih banyak omega-3 dan selenium. Anda tahu kalau selenium ini sangat dianjurkan yang berguna bagi menjaga kekebalan tubuh kita. Di dalam tubuh, selenium bersama protein akan membentuk enzim antioksidan . Antioksidan ini berfungis untuk menangkal zat-zat yang berbahaya bagi tubuh seperti merkuri.

2. Ikan Sarden
Untuk kandungan gizi yang palilng tinggi, ikan sarden boleh dibilang lebih unggul. Selain mengandung banyak omega 3 dan juga asam lemak, ikan sarden juga mengandung kalsium dan vitamin D yang baik bagi tulang. Kandungan koenxim Q10 (CoQ10) yang terdapat di dalam daging ikan sarden sangat baik bagi kesehatan jantung.

3. Ikan Tilapia atau Nila
Bila ikan lain mengandung omega-3, maka Ikan nila melengkapinya dengan kandungan omega 6. Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, ikan ini bisa jadi pilihan karena dibandingkan dengan ikan jenis lainnya, ikan Nila mengandung kolesterol yang sangat rendah.

4. Ikan Haddock
Jenis ikan yang banyak terdapat di perairan dingin ini mengandung magnesium, vitamin B6 dan niacin yang sangat tinggi. Selain itu, kandungan fosfor yang terdapat di dalam dagingnya juga lumayan tinggi dibandingkan jenis ikan yang lain. Fosfor ini bermanfaat membantu tubuh dalam mencerna vitamin larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K. Dan yang paling unggul dari jenis ikan Haddock ini adalah kadar proteinnya yang setara dengan kadar yang terdapat dalam daging sapi, dengan jumlah kalori yang lebih rendah.

5. Rumput Laut
Siapa yang tak kenal rumput laut. Tanaman laut ini mengandung banyak vitamin C, B-6, zat besi, kalsium, dan flouride yang tentunya sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan serta kesehatan gigi dan tulang. Selain juga kaya akan serat yang baik bagi sistem pencernaan kita, di dalam rumput laut juga memiliki jumlah protein dan karbohidrat yang melimpah. Kandungan karbohidratnya 40% dari beratnya merupakan sumber energi yang bisa diandalkan.***

Pemanfaatan Bahasa Indonesia pada Tataran Non ILmiah

c) Wacana Non ilmiah adalah Karangan yang tidak terikat pada aturan yang baku. Beberapa contoh yang dapat disebut untuk memenuhi kriteria karangan nonilmiah adalah anekdot, dongeng, hikayat, cerita pendek, cerita bersambung, novel, roman, puisi, dan naskah drama.


Contoh Wacana Non ILmiah


SOMAY EDAN


Mery dan sahabatnya,vera asyik makan”somay medan”buatan bu mildan saat istirahat di kantin sekolah.
“mer,gue mau tanya.lu inget nggak…,”
Kalimat vera tiba-tiba disela mery.
“artinya’somay edan”?lah… lu udah k 18 kali nanya itu ke gue.lu gak hafal-hafal juga ye.
Okeh deh w kasih tau lagi,arti’somay edan’tuh…”
“stop!stop!stop!siapa yang nanya arti’somay edan’neng?”
Tanya vera sedikit kesal.
“loh,emang bukannya itu yang mau lu tanya ke gue?abisnya,
Setiap kita makan somay di sini lu selalu nanya kenapa sih somay dikasih nama’somay edan’.
Ya kan?” jawab mery.
“ya,ya,ya,gue tahu..tapi kali ini bukan’somay edan’tapi yang gue mau tanya ma lu,”lanjut vera
“mmmh… baguslah.ternyata lu punya bahan pembicaraan yang baru.very good!
Ada kemajuan.mau nanya apa mbak?”tanya mery.
“lu inget nggak sama cowok yang kita omelin di pasar loak gara-gra nabrak ibu-ibu hamil
Yang lagi bawa 3 ekor ayam hidup dan 2 kantong abu gosok?”tanya vera.
“mmm…ibu-ibu hamil?yang mana ya?mmm…oh yang kemarin sendal jepitnya warna merah
Terus putus gara-gara keinjek kakinya sendiri ya?”lanjut mery.
“yuppzzz…bener banget?tapi yang mau gue bahas bukan ibu hamil itu tapi cowok cute
Yang kita omelin.ternyata cowok itu anak sekolah itu loh.tapi pagi waktu gue kekantor guru,
Gue liat dia sama temennya lagi liat-liat mading.gue juga kaget.gue pikir Cuma mirip,
Tapi setelah gue liat-liat lagi,kayaknya bener dia,”jelas vera.
“oh ya?lu mah nggak bisa liat cowok cakepan dikit.padahal kemaren kan tuh cowok langsung lari
Begitu dia nabrak ibu-ibu.gue aja nggak merhatiin bener-bener wajahnya,”tukas mery.
“yah jelas lah,wong lu langsung bantuin ibu-ibu itu.kalu gue kan sempet narik baju
Ibunya,”lanjut vera.
Treeeet…..ppreeettt…treeeett…bel tanda istirahat ke dua pun berbunyi dan mengakhiri
Pembicaraan mery dan vera di kantin.
“ya ela udah bel masuk aja.sampai kapan sih bel sekolah kitsa bunyinya kayak terompet tahun baru?”gerutu vera.
“hahahaha…sampai lu berhenti menggerutu dan terus mengomentari bel sekolah kita.
Ayo kita masuk,”ajak mery.
Sepulang sekolah mery pergi ke tokoh buku terdekat untuk mencari bahan presentasi biologi.
Ketika sedang asyik mencari,tiba-tiba mery di tabrak seseorang.
Brakkkkk…
“Aduh!kalu jalan matanya di buka lebar-lebar dunk!omel mery.
“sorry,sorry gue nggak sengaja.maafin gue ya?lu nggak pa-pa kan?tanya orng itu.
“ya nggak pa-pa sih,tapi lu…lu bukannya cowok yang nabrak ibu-ibu di pasar ya?”tanya mery.
“mmm…ya itu gue.lu ngenalin gue ya?tanya cowok itu.
“ya iyalah.ternyata itu emang hobi lu ya nabrak orng.hari ini lu nabrak gue hobi yang aneh!”ledek mery.
“itu bukan hobi gue tapi emang gue nggak sengaja mungkin gue mang kurang hati-hati aja di tempat umum.tapi lain kali gue akan berhati-hati lagi deh.maafin gue y.by the way,gue candra nama lu siapa?.”ucap cowok itu seraya mengajak bersalaman.
“gue mery,jawab mery singkat.
“lu kayaknya lagi nyari buku biologi ya?kalau boleh tahu lu sekolah di mana?tanya candra.
“gue sekolah d SMA SANTO PIUS CAMPIDELLIK.iya gue lagi nyari buku biologi buat bahan presentasi next week,”jawab mery.
“Samto pius campidellik?berarti kita satu sekolah dung!tapi gue pernah liat lu sebelimnya di sekolah lu kelas berapa?kalu gue kelas XII IA 4,ucap candra.
“masa sih?gue juga belum pernah liat lu di sekolah.gue kelas XII IA 2.gua anak baru dari pindahan dari Surabaya mungkin karena gue baru jadi belum tahu betul anak-anak IA kelas lain.
Lu juga ada tugas biologi”tanya mery.
“iya nih.kebetulan tugas gue sama kayak lu.guru kita kan sama di mana kalu kita cri bareng-bareng?tenang aja gue nggak bakal nyontek ko,”ajak candra.
“boleh ,!jawab mey singkat.
Dari perkenalan itu mery dan candra semakin dekat.di sekolah pun mereka sering terlihat berdiskusi bersama mengenai pelajaran.teman-teman mereka menyangka kalu mereka sudah jadian.
“oh ya?di balik kebiasannya nabrak orang ternyata dia punya kpribadian yang baik juga.tapi,apa benar Cuma alesan itu yang bikin lu dekat?kalu gue liat nggak Cuma itu deh alesan lu dekat sama dia.candra anak yang pintar makanya gue sering belajar bareng sama dia.tapi kalu boleh jujur gue memang suka sama dia.nggak tahu kenapa..kalu dekat dia gue nyaman dan pengen terus denger suaranya,jawab mery tersipu malu.
“tuh kan!akhirnya lu ngaku juga.mata orang yang sedang jatuh cinta itu tidak bisa di bohongi mer..jawab mery tersipu malu..
“esoknya mery dan candra belajar bersama di kantin sambil makan,!”SOMAY EDAN”.mereka terlihat asyik mengerjakan soal-soal kimia dan fisika..
“mer,bisa kita berhenti sebentar belajarnya?ada hal serius yang mau gue omongin sama lu.bisa?tanya candra denga mimic serius dan itu membuat jantung mery berdegup kencang.
“ ya bisa mau ngomong apa ya?
“gue memang bukan Einstein atau Newton yang bisa menciptakan rumus yang kemudian di kenal orang di seluruh dunia dan aka nada selamanya.tapi gue hanya orang biasa yang menggunakan rumus-rumus dari Einstein atau Newton itu nggak bisa gue pake untuk mewakili perasaan gue ke elo.gue suka sama lu dan gue berharap lu juga punya perasaan yang sama kayak gue.lu mau jadi cewek w?”tanya candra sambil memegang jari-jari mery.
“Hah?lu suka sama gue?”mery terdiam sejenak.”gue…gue…juga suka sama lu.Gue…mmm…gue mau jadi cewek lu,”jawab mery dengan senyum termanisnya.
“thanks ya,mer.gue senang punya cewek pintar dan baik kayak lu gue bangga,”puji candra.
“WOOII…PERHATIAN!GUE BARUSAN DENGER KALU MERY MENERIMA CANDRA SEBAGAI COWOKNYA!!!”tiba-tiba david berteriak di kantin dan itu membuat semua pengunjung kantin menyoraki mereka.
“waladala…kalian pasangan ke 98 yang jadian sambil makan”SOMAY EDAN”buatan ibu mildan!mungkin ini berkat nama”SOMAY EDAN”kali ya?hehehehe….ibu doakan semoga kalian langgeng ya.banyak kabar yang ibu denger kalu pasangan muda mudi sekolah sini yang jadian di”SOMAY EDAN”ibu,banyak yang sampai menikah dan punya anak.ibu berharap kalian juga begitu.pesan ibu,pacaran yang sehat ya,nak,”ibu mildan menasehati mery dan candra.mereka pun hanya tersenyum bahagia.
“emang ya,somay ibu milda benar-benar EDAN!”ucap david yang membuat semua pengunjyng kantin tertawa.hahahahahahaha…….

Jumat, 07 Oktober 2011

Contoh Menggunakan Bahasa Indonesia Secara baik dan benar

1. Contoh menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar
Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar” dapat diartikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan di samping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul. Ungkapan “bahasa Indonesia yang baik dan benar” mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran. Bahasa yang diucapkan bahasa yang baku.
Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis terkait dengan pemakaiannya sesuai dengan situasi dan kondisi. Pada kondisi tertentu, yaitu pada situasi formal penggunaan bahasa Indonesia yang benar menjadi prioritas utama. Penggunaan bahasa seperti ini sering menggunakan bahasa baku. Kendala yang harus dihindari dalam pemakaian bahasa baku antara lain disebabkan oleh adanya gejala bahasa seperti interferensi, integrasi, campur kode, alih kode dan bahasa gaul yang tanpa disadari sering digunakan dalam komunikasi resmi. Hal ini mengakibatkan bahasa yang digunakan menjadi tidak baik.
Misalkan dalam pertanyaan sehari-hari dengan menggunakan bahasa yang baku Contoh :
a) Apakah kamu sudah belajar malam ini?
- Umumnya : udah belajar belom lu?

b) Apa yang kamu lakukan sekarang?
- Umumnya : lagi ngapain lu?

c) Sejak kapan anda tinggal di Tangerang?
- Umumnya : Dari kapan tinggal di Tangerang?

d) Berapakah jarak rumah anda ke sekolah ?
- Umumnya : Dari rumah ke sekolah jauh gak ?

e) Sudah berapa lama anda menunggu bus di sini ?
- Umumnya : udah lama nunggu bis nya?


Contoh lain Misalkan ketika dalam dialog antara seorang Guru dengan seorang siswa
• Pak guru : Rino apakah kamu sudah mengerjakan PR?
• Rino : Sudah saya kerjakan pak.
• Pak guru : Baiklah kalau begitu, segera dikumpulkan.
• Rino : Baik Pak,akan segera saya kumpulkan.

Contoh lain dalam tawar-menawar di pasar, misalnya, pemakaian ragam baku akan menimbulkan kegelian, keheranan, atau kecurigaan. Akan sangat ganjil bila dalam tawar -menawar dengan tukang sayur atau tukang becak kita memakai bahasa baku seperti ini.
(1) Berapakah Ibu mau menjual wortel ini ?
(2) Apakah abang Becak bersedia mengantar saya ke Stasiun Gambir dan berapa ongkosnya?
Contoh di atas adalah contoh bahasa Indonesia yang baku dan benar, tetapi tidak baik dan tidak efektif karena tidak cocok dengan situasi pemakaian kalimat-kalimat itu. Untuk situasi seperti di atas, kalimat (3) dan (4) berikut akan lebih tepat.
(3) Berapa nih bu, harga wotel nya ?
(4) Ke Statiun Gambir,berapa bang?

_____________*****_______________



Contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi

• Bahasa sebagai sarana komunikasi mempunyai fungsi utama bahasa yaitu bahwa komunikasi.Komunikasi adalah penyampaian pesan atau makna oleh seseorang kepada orang lain. Keterikatan dan keterkaitan bahasa dengan manusia menyebabkan bahasa tidak tetap dan selalu berubah seiring perubahan kegaiatan manusia dalam kehidupannya di masyarakat. Perubahan bahasa dapat terjadi bukan hanya berupa pengembangan dan perluasan, melainkan berupa kemunduran sejalan dengan perubahan yang dialami masyarakat. Terutama pada penggunaan Fungsi komunikasi pada bahasa asing Sebagai contoh masyarakat Indonesia lebih sering menempel ungkapan “No Smoking” daripada “Dilarang Merokok”, “Stop” untuk “berhenti”, “Exit” untuk “keluar”, “Open House” untuk penerimaan tamu di rumah pada saat lebaran. Jadi bahasa sebagai alat komunikasi tidak hanya dengan satu bahasa melainkan banyak bahasa.

Contohnya :
Misalnya berupa :
- Alat-alat itu digunakan untuk berkomunikasi misalnya gerak badaniah, alat bunyi-bunyian(musik, kentongan, lukisan, gambar, dsb).
Contohnya :
- Bunyi tong-tong memberi tanda bahaya
- Adanya asap menunjukkan bahaya kebakaran
- Alarm untuk tanda segera berkumpul
- Lambaian tangan para penumpang untuk memberhentikan angkutan umum
- Bedug untuk tanda segera melakukan sholat
- Telepon genggam untuk memanggil orang pada jarak jauh
- Ketukan tangan ke atas langit dalam angkutan umum sebagai tanda untuk menandakan bahwa tempat tujuan si penumpang sudah tiba
* simbol

- Tanda stop untuk pengguna jalan, simbol laki-laki dan perempuan bagi pengguna toilet.
- Gambar peta yang menunjukkan jalan
- Suasana gemuruh kentongan dipukul tanda ketika ada bahaya
- Adanya asap tampak dari kejauhan pertanda kebakaran
- bunyi alarm (suasana tanda bahaya gempa bumi/bencana alam)
- bunyi musik atau lagu pada pedagang yang menjual dagangannya

• Selain contoh diatas,berikut contoh dalam kehidupan sehari hari

misalkan seorang satpam perumahan berjaga-jaga/ronda pada malam hari, pada saat sudah mendekati jam 12.00 malam satpam tersebut membunyikan kentongan yang bertanda bahwa waktu sudah tepat pukul 12.00 malam. Dan timbul timbal balik antara satpam sama orang-orang disekitar perumahan.setiap orang jadi lebih mengerti tanda waktu pergantian tersebut
Jadi, bahasa yang dipakai satpam tersebut berupa kentongan yang memberikan pertanda sesuatu akan terjadi/ sesuatu yang sudah mestinya dilakukan.

______________****_______________
Pink Bow Tie