-->

Selasa, 09 Oktober 2012

Dampak Media Sosial Terhadap Dunia Pendidikan

Dampak positif dalam dunia pendidikan

Beberapa universitas di Amerika telah menghadapi media sosial untuk admisi, sumber pembelanjaran di kelas, update berita seputar sekolah dan pelajaran dan hal lainnya.

Contoh media massa

Blog, linked in, facebook,flickr, twitter dan masih banyak yang lainnya.

Beberapa hal yang melibatkan penggunakan media sosial di dunia pendidikan.

1. Pendaftaran kursus profesi dengan menggunakan linked in
    Linked in adalah salah satu situs pembangunan jaringan maya para profesional di dunia profesi dan usaha. Namun seiring dengan perkembangan fitur dan pengoptimalan fungsi situs ini juga dapat digunakan untuk mencari calon tenaga kerja profesional dan berbagi informasi seputar dunia usaha.


2. Sumber pengajaran yang dapat dibagikan melalui beberapa blog seperti, wordpress, blogspot, multiply, dan blog lainnya.


3. Pengumuman kelas dan update dari pelajaran yang diberikan guru melalui twitteer dan facebook. Twiter merupakan salah satu situs wcroblogging yang dapat meenampilkan pesan dalam 140 karakter, sedangkan facebook dapat menampilkan komentar pengguna ataupun halaman tertentu. Tak hanya itu juga merupakan media sosial yang dapat digunakan untuk dunia pendidikan. selain itu juga, dapat digunakan untuk membantu satu situs komunitas dalam kelas / topik pembelajaran.


4. Beberapa kampus menyediakn tur secara virtual dan video-video yang memperkaya sumber pembelajaran dengan menggunakan vidie dan youtube kemudian disebarkan melalui akun facebook, twitter, atau blog pengguna.


5. Pembangunan jaringan alumus melalui media sosial seperti mailing list, yahoo, google, dan forum.


6. Penggunaan situs untuk mendiskusikan bukan hanya pertanyaan teknis dan teori  mengenai mata pelajaran mereka. quora adalah salah satu situs yang menghubungkan angotanya dengan sesuatu yang ingin diketahui melalui pertanyaan, mempostin artikel, dan berbagi kepada anggota lain tentan anggota tersebut.
7. Penjadwalan pertemuan siswa atau guru melalui situs atau yang lebih sering dikenal dengan social dining network.

8. dapat digunakan untuk mengetahui letak kampus dan beberapa lokasi strategis di sekitar kampus. Foursquare yang merupakn jejaring sosial berbasis lokasi ini memang kebanyakan digunakan dengan perangkat mobile GPS dari perangkat mobile akan mengambil data lokasi yang dikirim oleh pengguna tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar

Pink Bow Tie